Friday 10 March 2017

kharakteristik baju anak

 Tips Memilih Busana  Anak
Anak-anak adalah orang yang memiliki rentangan usia 5- 11 tahun. Dalam usia ini anak sudah aktif dan mulai memiliki beberapa aktivitas.  Mereka tidak hanya beraktivitas dirumah saja tetapi juga diluar rumah. Apakah itu pergi sekolah, menghadiri pesta ulangtahun teman dan lain-lain. Kita sebagai orangtua harus pintar memilihkan busana yanga akan dipakai oleh anak. Setiap orangtua tentu ingin anaknya terlihat lucu dan menarik bagi orang yang melihatnya. Oleh karena itu orangtua harus memahami pemilihan busana anak. Berikut adalah jenis-jenis busana anak sesui kesempatannya.

  •        Busana tidur

Busana tidur adalah busana yang dipakai untuk kesempatan tidur, yang berguna untuk melindungi diri dari hawa dingin, hawa panas, maupun gigitan nyamuk. Bila udara dingin pilihlah bahan yang agak tebal dan bila udara panas pilihlah bahan yang agak tipis dan menghisap keringat supaya tidak gatal-gatal dan alergi. Pilih juga bahan yang kuat dan mudah dalam pemeliharaannya. Sesuai dengan iklim diindonesia bahan yang cocok adalah bahan katun akrena memiliki sifat sejuk, menyerap keringat dan kuat.
Bentuk motif dalam pemilihan busana tidur dapt dipilih bentuk geometris, bergaris, kotak-kotak maupun naturalis seperti bunga-bunga, daun, pohon, kucing, kelinci dan lain-lain. Warna yang cocok untuk busana tidur adalah warna pastel, yaitu warna yang banyak mengandung unsur putih.

  •      Busana bermain


       Busana bermain adalah busana yang dipakai pada kesempatan bermain, baik diluar maupun didalam rumah. Busana bermain ini hendaklah praktis, sederhana, dan memberi kebebasan kepada anak dalam beraktivitas. Model tidak banyak variasi tetapi dapat diberi hiasan. Bahan yang digunakan hendaklah bahan yang kuat, tahan cuci, tahan setrika,menghisap air dan keringat karena sesuai dengan penggunaannya untuk bermain. Bahan yang cocok adalah bahan katun bersilang polos dengan tenunan diperkuat seperti katun jipi, katun twil, katun jepang, dan sebagainya.
      Bentuk motif dapat digunakan motif geometris maupun naturalis dan untuk pemilihan warna biasanya digunakan warna terang dan meriah agar sifat lincah anak-anak tidak hilang.

  •       Busana bepergian
Busana bepergian yaitu busana yang dipakai anak ketika keluar rumah, tetapi bukan kesekolah maupun kepesta, misalnya berkunjung kerumah family, bepergian kerumah nenek, pergi ketempat wisata maupun ketempat lainnya yang serupa. Untuk pakaian bepergian diusahakan lebih bagus dari pakaian bermain, baik model mupun bahannya. Hal ini bertujuan agar penampilan anak lebih menarik dari pada hari-hari biasanya.


Pemilihan model untuk busana bepergian tidaklah sulit, pilihlah model yang sederhana dan praktis dalam penggunaanya. Pemilihan bahan harus kuat dan lebih mewah dari bahan busana bermain. Bahan yang cocok adalah bahan katun yang berkualitas tinggi, campuran 75 % katun dan 25% polyester karena katun menghisap air dan menghisap keringat. Untuk mengimbangi katun cepat kusut maka dicampur dengan polyester karena mempunyai sifat tahan kusut,mengingat busana bepergian agar anak tetap terlihat rapi , licin dan bersih.

  •        Busana pesta


Busana pesta adalah busana yang dipakai sewaktu menghadiri suatu pesta. Model busana pesta hendaklah menggambarkan suasana pesta. Modelnya harus mewah, bisa dengan menggunakan banyak hiasan seperti renda, rimpel maupun payet, mote dan batu yang berkilau. Bahan yang digunakanpun bisa menggunakan bahan berkilau, agak kaku,maupun tembus terang. Bahan yang dapat dipilih seperti bahan brokat, beludru, gelas kaca, sutra maupun rayon.

No comments:

Post a Comment