Friday 10 March 2017

5 Hal Penting Dalam Memilih Baju Anak

1. Pilih Bahan Dasar yang Nyaman dan Aman Dikenakan

busana anak_
Pilihlah pakaian dengan bahan yang aman dan nyaman untuk anak. (Sumber: afrakidspartner.com)
Sahabat Abi Ummi, sangat penting bagi kita untuk memperhatikan bahan dasar saat memilih busana untuk anak. Ini berkaitan dengan kenyamanan dan keamanan anak dalam mengenakan busana tersebut nantinya. Pilihlah busana dengan bahan dasar yang lembut, menyerap keringat, tidak panas dan tidak menimbulkan alergi pada kulit anak. Sehingga, anak merasa nyaman dan aman saat menggunakannya.

2. Usahakan Memilih Model Busana yang Menutup Aurat, tapi Tetap Nyaman dan Aman bagi Anak untuk Bergerak

busana anak
Pilihlah busana yang menutup aurat untuk anak perempuan. (Sumber: butiknaura.com)
Model busana juga penting untuk perhatikan. Pilihlah model busana yang sesuai untuk anak-anak ketika. Sebagai orang tua, kita juga harus memperkenalkan model busana yang menutup aurat pada anak-anak kita. Agar mereka terbiasa dengan busana syar’i sejak dini. Pilihkan mereka model busana yang menutup aurat, namun tetap nyaman dan aman. Misalnya untuk anak perempuan kita pilihkan baju kaos lengan panjang dan celana panjang yang longgar untuk busana bermain. Atau kita juga bisa pilihkan gaun panjang yang lapang, agar mereka tetap nyaman untuk bergerak dengan aktif. Jadi, apapun model busananya pastikan memenuhi tiga syarat, yaitu; pertama menutup aurat, kedua aman dan nyaman digunakan oleh anak-anak yang cenderung aktif bergerak, dan ketiga sesuai dengan kebutuhan.

3. Bijaklah dalam Memilih Motif Busana

busana anak
Dalam memilih pakaian, pilihlah motif dengan bijak. (Sumber: kaosanakkaraktermurah.files.wordpress.com)
Sebagaimana kita maklumi, anak-anak sangat suka dengan pakaian yang bermotif. Terutama hiasan motif yang mereka kenali, seperti tokoh kartun kesayangan mereka. Sahabat Abi Ummi, sebagai orang tua kita memang selalu ingin membahagiakan hati anak-anak kita. Namun, tidak semua keinginan anak-anak kita harus dituruti lho. Kita juga perlu mengarahkan mereka pada pilihan yang tepat. Termasuk dalam memilih motif untuk busana anak. Alangkah baiknya jika kita mengarahkan mereka untuk memilih motif-motif yang memberikan pesan-pesan kebaikan. Jika motif tokoh kartun yang mereka senangi adalah tokoh kartun yang memberikan pesan-pesan kebaikan, ada baiknya kita turuti. Namun, jika sebaliknya, sebaiknya kita memberikan pengertian pada mereka agar memilih motif lain yang jauh lebih baik dan bagus.

4. Pilih Warna-Warna Ceria

busana anak
Pilihlah pakaian dengan warna-warna yang ceria agar mereka selalu bersemangat. (Sumber: afrakidsjakartaselatan.files.wordpress.com)
Anak-anak biasanya menyukai warna-warna yang cerah. Hal ini sesuai dengan dunia mereka yang selalu dihiasi dengan keceriaan. Selain itu, kita juga bisa menyesuaikan pilihan warna dengan warna kulit mereka. Agar terlihat pas ketika dikenakan. Meskipun demikian, untuk masalah pilihan warna ini kita juga bisa melibatkan anak-anak. Beri mereka kebebasan dalam memilih warna busana yang sesuai dengan keinginan mereka.

5. Jangan Abaikan Keinginan Anak

busana anak
Dalam memilih pakaian anak, jangan sampai kita mengabaikan pilihan anak. (Sumber: 2.bp.blogspot.com)
Ya, keinginan anak juga bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih busana anak. Tentunya, sebagai orang tua kita tetap bisa menjadi filter yang baik. Agar pilihan anak-anak tetap memenuhi kriteria standar yakni, menutup aurat, nyaman & aman, serta sesuai dengan kebutuhan. Sebab, anak-anak terkadang memiliki kebahagiaan tersendiri ketika mengenakan busana yang menjadi pilihan mereka sendiri.

No comments:

Post a Comment